Sahabat Ainul Mahfudz: Festival Tongtek Satu Kesenian yang Harus Dirawat dan Dijaga

0
257
Festival tongtek pesisir di kelurahan Ujungbatu Jepara yang diadakan oleh PC GP Ansor dan berkolaborasi dengan Karang Taruna Ujungbatu, Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan ranting Ujungbatu. Foto: ansorcyberjepara

AnsorJepara.or.id – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Jepara berkolaborasi dengan Karang taruna Putratama Kelurahan Ujungbatu, dan dibantu oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan ranting Ujungbatu. Acara di gelar pada Sabtu (15/4/2023 ) malam, di depan Kelurahan Ujungbatu Jepara.

Dulunya, tongtek berasal dari tradisi pondok pesantren, yaitu piket santri untuk membangunkan santri-santri dan ustadz-ustadz untuk segera makan sahur dengan memukul kentongan yang terbuat dari pohon bambu.

Kegiatan tongtek juga biasanya diramaikan oleh anak-anak atau pemuda desa, dengan membunyikan alat-alat tersebut sambil bernyanyi atau bershalawat mengelilingi kampung di depan rumah-rumah warga.

Abdullah Nur Rohim ketua panitia menyampaikan festival tongtek kembali dihadirkan dalam rangka menghibur masyarakat Jepara dan menjaga tradisi lokal daerah, bagaimanapun tongtek harus tejaga adanya. karena saat ini tradisi membangunkan masyarakat sahur di bulan Ramadhan sudah jarang terlihat di daerah-daerah.

Ia menambahkan “event yang diikuti 23 tim ini bertema “Festival Tongtek Pesisiran” karena diadakan di Pesisir Kelurahan Ujungbatu Jepara,” jelasnya.

Dalam sambutannya sahabat Ainul Mahfudz selaku ketua PC GP Ansor Jepara mengatakan festival tongtek pesisiran menjadi media untuk memunculkan kreativitas anak-anak muda di Kabupaten Jepara. Harapannya dengan adanya festival ini menjadi bagian dari upaya Ansor dalam melestarikan tradisi yang ada di masyarakat. Tradisi ini dalam artian menjadi satu kesenian yang harus dirawat dan dijaga agar tidak tergerus oleh zaman dan digantikan dengan permainan yang lebih modern (tradisi baru).

“Karena tongtek merupakan satu bagian yang menjadi ciri khas masyarakat yang patut kita jaga dan lestarikan. Kita munculkan kembali kreativitas anak muda kedepan.” tegasnya.

Salah satu tim peserta yang ditemui oleh Ansor Cyber Jepara yaitu tim Ornak Kauman, ia mengatakan ketertarikan mengikuti festival tongtek pesisir ini salah satunya ingin meningkatkan kreativitas warganya. “biar anak muda pengen kelihatan tampil di kancah nasional minimal kecamatan.” ungkap Ravi.

Di tempat yang sama Nisau Rohmatul Hidayah sebagai Ketua Karang Taruna Putratama Ujungbatu, mengatakan, ucapan terima kasih kepada Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Jepara yang sudah mau berkolaborasi untuk membuat acara ini untuk menghibur masyarakat Jepara.

Dengan diadakan acara ini semoga bisa meningkatkan pemasukan ekonomi warga sekitar, seperti umkm pada toko warga sekitar dan pembuatan lahan parkir. “Dari kami semoga festival tongtek pesisiran menjadi acara rutinan dan tahunan,” harapnya.

Baca: PC GP Ansor Jepara Peringati Nuzulul Quran dan Sahur Bersama

“Untuk seluruh peserta terima kasih atas partisipasinya dan selamat bagi para pemenang yaitu juara satu Punokawan (Mambak), kedua Pertuyem (Kecapi), ketiga Lariri (Senenan), adapun performa terbaik dan properti terbaik yaitu Aji saka (Suwawal) dan Gardas 13 (Ujung Batu). Semoga kedepannya tambah maju dan kreatifitas semakin berkembang,” tutup ketua Karang Taruna Putratama Ujungbatu. [ansorjepara.or.id/ka]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here